Televisi(TV) adalah sebuah alat penangkap siaran bergambar. Televisi berasal dari bahasa Yunani . Kata Tele (jauh) dan Vision ( tamapak). Jadi televisi berarti tampak atau dapat melihat dari jarak jauh.

Televisi(TV) adalah media audio visual yang banyak berpengaruh dalam perkembangan zaman. sejak pertama di temukan televisi sudah menyedot perhatian masyarakat luas industri pertelevisian mulain berkembang di seluruh dunia guna menunjang penyebaran informasi lebih luas, berbagai jenis tayangan mewarnai televisi di setiap harinya film,berita,infotaiment & olahraga menjadi tayangan yang paling di tunggu.

Melihat peluang di dunia pertelevisian Apple dan Google meluncurkan layanan televisi mereka dengan fitur yang dapat membuat televisi menjadi media yang lebih bewarna, berikut ini adalah review dan perbandingan dari keduanya :

1.Goole TV

Google TV adalah  penggabungan antara siaran  acara TV real-time dengan internet  di mana seseorang dapat menyaksikan acara TV yang disiarkan secara langsung dan juga konten dari situs video seperti Youtube.  Untuk menyaksikan Google TV, seseorang harus menggunakan perangkat TV khusus yang dihubungkan ke Google Box. Hal ini memungkinkan pengguna mengakses web dan mengunduh berbagai aplikasi.

Google TV dibangun dengan platform berbasis sumber terbuka, open source, yakni Android dan Chrome. Dengan demikian, fitur-fiturnya terbuka kemungkinan untuk dikembangkan ke depan, ditambah aplikasi, dan layanan berbasis web lainnya. Di dalamnya sudah dilengkapi browser Chrome untuk mengakses website termasuk layanan pencarian untuk mencari video, channel TV, dan konten interaktif yang lain.

Google berencana merilis Google TV SDK(software development kit) dan web API (application programming interface)untuk TV buat para pengembang segera begitu Google TV tersedia di pasaran. Aplikasi untuk Google TV akan dikumpulkan dalam Android Market. Meski demikian, saat ini para programer Android dan Chrome sudah bisa mengoptimalkan aplikasinya untuk layanan TV dengan tools baru yang telah dirilis Google.

2.Apple TV

Apple tv adalah produk dari Apple.inc yang selama ini terkenal dengan teknologinya yang innovative dan memanjakan penggunanya dengan fitur-fitur yang tidak dimiliki pesaingnya. Apple tv ini diperkenalkan kepada masyarakat luas dan pada maret 2007. Apple tv generasi pertama resmi dilempar ke pasaran dilengkapi dengan hardisk sebesar 40 GB namun tidak lama setelah itu Apple meluncurkan Apple tv dengan hardisk 160 GB sekaligus menghentikan produksi untuk yang 40 GB.

Apple TV generasi pertama yang dilengkapi dengan hardisk ini memungkinkan penggunanya dapat membeli file video,music ataupun photo secara online dan menyimpannya, namun pada september 2010 Steve Jobs mengumumkan Apple tv generasi kedua yang 4 kali lebih kecil di banding pendahulunya harganya pun hanya sepertiga nya, pada generasi kedua ini tidak lagi dilengkapi hardisk tetapi diganti dengan sebuah flash memori berukuran 8 GB, dengan segala bentuk perubahan ini pengguna tidak dapat lagi membeli sebuah file dan menyimpannya.

fitur utama yang yang sajikan Apple tv adalah melihat photo atau video dan memutar musik yang beasal dari internet media service atau local network, dengan media internet para pengguna Apple tv dapat menyewa film atau acara lain yang tersedia, untuk menikmati semua fitur itu Apple tv harus lah di pasangkan dengan televisi yang mendukung tampilan HD (high definition).

sumber : Wikipedia.com