Tablet PC adalah laptop atau komputer portable berbentuk buku, yang memiliki layar  sentuh atau teknologi tablet digital yang memungkinkan pengguna komputer mempergunakan stylus  atau pulpen digital. Selain keyboard ataupun mouse komputer

pengguna bisa memasukkan teks mempergunakan program yang mengenali tulisan tangan, keyboard dalam monitor, pengenal percakapan, atau keyboard biasa (apabila ada). Banyak Tablet PC mempergunakan digitaliser, yang menghantarkan masukan posisi pulpen ke komputer dengan cepat. Layarnya pun dapat diputar ke atas dan ke bawah sehingga posisi keyboard menghadap tanah/pangkuan/meja dan posisi layar tidur menghadap keatas. Layar Tablet PC juga dimungkinkan untuk bergerak memutar hingga 360 derajat.

Sharp Galapagos

Sharp telah mengumumkan 2 produk tablet baru bernama Sharp Galapagos yang merupakan tablet Android yang memiliki keunggulan sebagai ebook reader juga dari layanan ebook berbasis Cloud dari Sharp yang juga bernama Galapagos.

Tablet yang lebih kecil berukuran 5 Inci memiliki resolusi 1024 x 600px yang datang dalam warna hitam dan merah dengna trackball yang bisa digunakan untuk berganti halaman.

Untuk versi 10.8 inci, mendukung resolusi 1366 x 800px (bandingkan dengan iPad yang memiliki ukuran 9.7 inci dan resolusi 1024×768px).

Kedua perangkat ini mendukung Wi-Fi dan bisa digunakan untuk surfing web, melihat dokumen PC, bermain game dan berbagi komentar serta rekomendasi mellui aplikasi “social app” yang sudah terinstall.

Toko ebook dari Sharp ini akan menyajikan kurang lebih 30.000 majalah, koran dan buku-buku yang akan tersedia dengan plan service/content saat diluncurkan Desember nanti di Jepang.

Blackberry Playbook Tablet

BlackBerry akhirnya mengumumkan tablet yang sebelumnya disebut BlackPad di rumornya. Tablet Blackberry Terbaru ini bernama Playbook, dengan layar  7 “(1024×600) , prosesor dual-core, dukungan WebKit, Java, Open GL, Flash 10.1 dan konektor micro-USB yang tidak ada pada iPad. Tablet ini juga mendukung video H.264, MPEG4, and WMV bahkan bisa menampilkan video FULL HD 1080p tapi diturunkan sesuai resolusi layar.

Blackberry Playbook Tablet

Spesifikasi hardware Blackberry Playbook juga cukup mengesankan di mana prosesornya 1Ghz dual core, 1 GB RAM, output micro-HDMI, bahkan ada kamera depan (3MP) dan belakang (5MP) yang juga mampu merekam video HD dan gambar diam.

Demo tablet Playbook ini terlihat sangat keren dan tampaknya membuat tablet berbasis Android menjadi kurang oke lagi karena fitur user-interface yang kelihatannya jauh lebih cocok untuk tablet, alih-alih menggunakan tablet seperti “ponsel besar”.

RIM mengedepankan fakta bahwa Playbook  mendukung ” multitasking” secara nyata (tidak seperti Apple yang lebih terbatas ) dan dapat menjalankan Flash 10.1, yang berarti “sebuah pengalaman web penuh”.

RIM juga mengatakan bahwa tablet adalah lebih secure dan memposisikan Playbook sebagai tablet “profesional” pada saat ini.

Tablet ini adalah pengumuman besar bagi RIM, dan  yang akan mengguncang pasar tablet. Sayang harga belum ditentukan  dan Anda dapat tebak, ini akan menjadi faktor utama yang mempengaruhi penjualan. Kemungkinan harga Blackberry Playbook adalah sekitar 500 USD – 1000 USD.

Diduga tablet PlayBook ini akan  mahal daripada iPad karena telah diposisikan sebagai tablet “pro”. Di sisi perangkat lunak, RIM telah mengambil langkah serius: perusahaan ini mengumumkan platform advertising dan  kelengkapan SDK pengembang  dan tool pendukung.

Spesifikasi Blackberry Playbook:

  • 7″ LCD display, 1024 x 600 screen resolution
  • 5.1″ x 7.6″ x 0.4″ (130mm x 194mm x 10mm)
  • 0.9 lbs (400g)
  • Built-in microUSB connector
  • Multi-touch capacitive screen
  • Wi-Fi® 802.11 a/b/g/n

Kita harus melihat apakah semua upaya ini akan menghasilkan hasil pada tahun depan atau lebih. Berikut video Blackberry Playbook dari NetbookNews.

Emdoor EM51 MID Android 2.1

Pabrikan Emdoor dari Cina baru-baru ini memperkenalkan MID 5-inci yang menjalankan sistem operasi Android 2.1.
Dikembangkan pada platform Telechips8902 dengan  prosesor ARM11 pada kecepatan 720Mhz dan 256MB RAM, perangkat ini tidak akan memiliki kesulitan untuk memutar video HD 1080p penuh dengan HDMI output.

MID ini menawarkan kapasitas penyimpanan 2GB melalui SD card yang diupgrade hingga 32GB maks. Layar sentuhnya jenis resistif 5 inci yang memiliki resolusi 800 × 480px.

Dengan ketebalan 11 mm, MID menawarkan USB 2.0, mini USB, headphone jack, 3G dan WiFi. Baterai 2600mAh dengan daya tahan 1.5 hingga 3 jam tergantung pada penggunaannya. Emdoor EM51  segera akan tersedia di Cina dengan harga 115 euro atau $ 150 atau 1 jutaan rupiah lebih.