Operating System bukanlah Aplikasi !!!
Komputer tanpa Operating System (Sistem Operasi) sama dengan memiliki Walkman tanpa kaset, yang artinya sama saja bohong. Operating System BUKAN aplikasi. Masyarakat sering tertukar antara pengertian Software dan Aplikasi. Pengertian mudahnya, Aplikasi adalah segala macam jenis program yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dan peralatannya.

Sedangkan software terbagi menjadi dua :
· Operating Systems : software yang digunakan untuk mengoperasikan komputer
· Applications : program yang dioperasikan di dalam sebuah lingkungan Operating System untuk keperluan-keperluan tertentu, misal : Programming, Office Work, dan Gaming.

Operating System Terkini
Operating System berkembang mengikuti perkembangan teknologi dan kebutuhan manusia. Secara umum Operating System dibuat untuk jenis komputer tertentu, antara lain sebagai berikut:
· Microsoft Windows untuk Personal Computer (PC)
· VMS untuk DEC · OS/2, AIX, OS/390 untuk IBM
· MacOS untuk Apple Macintosh
· SunOS untuk Sun Computers
· Microsoft Windows CE untuk Palmtop UNIX adalah induk Operating System yang mampu diimplementasikan untuk segala macam jenis mesin komputer yang ada hingga saat ini.

Daftar Operating System dengan versi terakhirnya (dengan urutan random):
1.Microsoft Windows Me
2.Microsoft Windows 2000
3.Novell Netware 5
4.MacOS 9 Beta dan MacOS X Server
5.Linux RedHat 7.0, Mandrake 7.2, YellowDog 1.2, MkLinux R1, LinuxPPC 2000, Slackware 7.1, Caldera OpenLinux 2.4, SuSE 7.0, Debian 2.2 6.FreeBSD 4.2 7.Solaris 7 8.BeOS Release